10 Cara Menata Interior Kantor yang Nyaman dan Enak Dilihat - Berita Baris

Hot

Selasa, 29 Juni 2021

10 Cara Menata Interior Kantor yang Nyaman dan Enak Dilihat

 
ilustrasi interior kantor yang nyaman, foto; google.co.id

Memiliki kantor atau perusahaan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Sama halnya saat bekerja di kantor tapi ingin merasakan suasana yang nyaman dalam bekerja. Kantor milik sendiri atau bukan akan menjadi kantor yang nyaman jika kita bisa menatanya sedemikian rupa.

Tak sedikit orang yang sengaja mendatangkan jasa desain profesional untuk menata interior kantornya supaya terlihat lebih baik. Namun, Anda bisa menatanya sendiri dengan cara yang tepat dan pilihan furnitur yang juga tepat untuk diletakkan di ruangan kantor tersebut.


Tips Menata Interior Kantor yang Nyaman

Sebelum menggunakan jasa desain interior profesional untuk kantor, ada baiknya Anda menata sendiri interior kantor tersebut dengan tips dan trik berikut ini:


1.    Jangan Menggunakan Lagi Ciri Kaku dan Korporat
Bisnis baru di era milenial ini, akan memberi Anda kesempatan menonjolkan ciri khas sebagai seseorang yang kreatif.
Maka sebaiknya, tidak usah menggunakan jenis meja yang berat dan kaku, warna furnitur ala kayu konvensional, atau pajangan yang sudah sering terlihat di kantor manapun. Mulailah untuk menonjolkan kepribadian dan karakter Anda dalam menata ruangan.
Anda bisa memilih jenis furnitur yang bergaya kasual, atau kantor dengan konsep ruangan terbuka. Pastikan Anda membeli furniturnya di IUIGA tempat alat rumah tangga terbaik dan terpercaya.


2.    Manfaatkan Ruangan dengan Lebih Optimal
Anda harus tetap mendesain ruangan kantor dengan strategi yang tepat. Optimalkan desain interiornya sejak dini, akan menjadi taktik yang jitu untuk ruangan kantor yang bisa digunakan dalam waktu lama.
Ciptakan ruangan kerja yang fungsional contohnya pilih kubikel atau meja yang tersusun dengan lebih efisien. Pisahkan ruangan kantor dengan tempat menyimpan alat kantor atau mesin fotocopy.


3.    Memaksimalkan Fungsi Storage
Anda tentu harus menumbuhkan etos kerja yang rapi, sehingga harus merapikan dokumen setiap hari. Maka optimalkan pemakaian atau fungsi storage dengan cara yang tepat. Buat ruangan khusus untuk penyimpanan arsip yang disekat secara khusus.
Maka ruangan penyimpanan arsip tersebut akan rapi dan aman dari tumpukan dokumen yang tidak berguna.


4.    Office Supplies yang Lengkap dan Rapi
Dekorasi ruangan kantor yang tepat dan nyaman, akan memicu tingkat produktivitas pada pekerjaan sehari-hari. Begitu juga dengan kelengkapan office supplies seperti:

  • Stationary kit, yang berisi bulldog clip, paper clip dan push pin
  • Book stand, untuk menaruh buku dan berkas-berkas file penting
  •  Spidol dan pulpen, untuk menulis notes dari brief atau meeting yang penting
  • Storage bin, untuk menyimpan barang-barang yang berhamburan agar kantor tidak terlihat berantakan
  • Organising Tray, untuk menyimpan pulpen, pensil, notes dan perintilan kecil lainnya agar tidak hilang dan rapi
  • Laptop stand, karyawan bekerja membawa laptop sendiri atau disediakan oleh kantor? Gunakan laptop stand agar umur laptop lebih lama karena terhindar dari panas berlebih


5.    Membuat Ruangan Senyaman Mungkin
Menciptakan ruangan kantor yang nyaman akan membuat Anda fokus pada ruangan itu sendiri. Oleh karena itu ciptakan ruangan kantor yang seru dengan menambahkan karpet yang lembut misalnya.
Bisa juga dengan menambahkan dekorasi dinding yang atraktif sampai tirai jendela yang lembut. Tempat penyimpanan tanaman juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk melepas stres saat Anda bekerja seharian penuh di kantor.


6.    Mainkan Warna yang Tepat pada Dinding
Sebuah ruangan kantor yang ideal menjadi salah satu refleksi dari ciri khas dan karakter dari perusahaan itu sendiri.
Cara yang tepat dalam penataan ruangan kantor yang mudah dalam menyampaikan identitas perusahaan, adalah dengan permainan kontras warna yang menarik.
Untuk ruangan kantor seperti Perbankan atau Jasa Konsultasi biasanya akan memilih warna-warna netral atau putih untuk dinding ruangan kantor tersebut.
Berbeda dengan ruangan kantor yang sifatnya kreatif, misalnya pada kantor Google yang akan memilih warna-warna hangat yang menunjukkan spontanitas dari perusahaan tersebut.
Maka pemilihan warna pada ruangan kantor ini bisa disesuaikan dengan karakter dan identitas dan perusahaan itu sendiri. Permainan warnanya bisa disesuaikan dengan logo perusahaan sehingga lebih berkarakter.


7.    Memiliki Lighting yang Pas
Apabila susunan ruangan kantor yang tak bisa diubah bisa dicoba dengan cara dekorasi yang praktis, ditambah dengan kesan dramatis yang efektif. Misalnya pada instalasi lampu atau lighting yang desainnya menarik sekaligus unik.
Posisi lampu yang ada di langit-langit juga akan membuat kinerja Anda di ruangan kantor tidak terganggu. Namun jika dilihat dari segi desain maka ada kesan estetik yang muncul tanpa banyak perubahan tatanan di ruangan kantor tersebut.


8.    Posisi, Tata Letak, dan Desain Ruangan Kantor
Kebebasan dalam menata ruangan kantor artinya Anda memiliki bentuk kreativitas dalam menyimpan furnitur yang tepat.
Maka posisikan semua kinerja kantor yang lebih seimbang misalnya jangan menggunakan lemari arsip yang terlalu tinggi, standar kursi/meja yang ideal, ruangan pantry yang tidak terlalu jauh, sampai ruang tamu ideal dan meeting yang memiliki privasi.


9.    Gunakan Furnitur dengan Fleksibilitas yang Tinggi
Ketika memiliki ruangan kantor yang terpikirkan saat itu adalah jenis furnitur berat ala perkantoran. Sebaiknya pertimbangkan untuk membeli furnitur kantor yang lebih fleksibel, dibandingkan harus membeli furnuitur yang berat.
Anda juga bisa membeli furnitur tidak sekaligus satu set tetapi secara terpisah saja. Anda bisa membeli meja dan menggunakan lemari arsip geser yang dapat dipindahkan dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan ekspansi pada perusahaan.


10.    Investasi Pada Furnitur Ergonomis
Pilihan utama pada furnitur kantor adalah yang bisa mendukung kegiatan di kantor sehari-hari, misalnya kursi kantor yang ergonomis. Hal itu akan menjadi investasi pada kantor Anda yang akan menguntungkan dalam jangka panjang.


Berbelanja Kebutuhan Kantor di IUIGA

Sebagai salah satu pusat perbelanjaan produk rumah tangga, perkantoran, dan furnitur yang besar, IUIGA memberikan banyak kemudahan untuk setiap konsumennya. Jika Anda ingin berbelanja di tempat yang tepat, nyaman, dan aman maka pilihlah IUIGA.


Sama halnya dengan belanja produk peralatan atau kebutuhan kantor seperti furniturnya, juga bisa diperoleh di IUIGA. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh dari sana, salah satunya dengan metode pembayarannya yang praktis.
Anda juga bisa berbelanja online saja jika tidak mau repot datang langsung ke tempat. Apalagi startup ritel asal Singapur yang satu ini telah meramaikan pasar Indonesia. Namanya pun semakin dikenal dan produknya yang berkualitas tinggi.

IUIGA mempunyai berbagai inovasi dalam hal keindahan interior kantor

Walaupun kualitas produknya sudah terbukti mumpuni, tetapi jangan khawatir soal harganya karena harganya masih kompetitif dan juga terjangkau.
Selain itu, sebagai home living premium pengganti MUJI di Indonesia, IUIGA juga mampu memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dalam setiap produknya. Keunggulan inovasi produknya juga menjadi salah satu kelebihan dari IUIGA tersebut.


Sebelum mulai berbelanja, Anda bisa memilih berbagai produk yang dibutuhkan pada website atau aplikasinya secara langsung. Kemudian hubungi kontak yang tertera di sana dan segeralah memesan produknya sekarang juga.



Anda bisa memesan produk untuk ruangan kantor di IUIGA melalui websitenya di https://www.iuiga.id/.